Kamis, 17 Maret 2016

BKSL bangun Aeon Mall Sentul City senilai Rp 1,3 T

SENTUL. PT Sentul City Tbk (BKSL) resmi memulai pembangunan pusat perbelanjaan Aeon Mall di kawasan Sentul City Bogor. Adapun total investasi untuk proyek ini diperkirakan mencapai Rp 1,2 triliun.
Aeon Mall akan dibangun seluas 100.000 meter persegi (m2) di kawasan superblok yang akan dikembangkan perseroan dengan total lahan 8 hektare (ha). "Dana untuk pembangunan mall dari kas internal dan pendaan dari pihak ketiga," kata kata Wakil Direktur Utama BKSL, Andrian Budi Utama saat groundbreaking Aeon Mall Sentul, Rabu (28/10).
Andrian mengungkapkan, tahun ini belanja modal yang akan digelontorkan untuk membangun mall tersebut sekitar Rp 100 miliar- Rp 200 miliar. Sementara tahun depan akan dianggarkan dana sekitar Rp 800 miliar.
BKSL dan PT Aeon Mall Indonesia telah menandatangani kesepakatan kerjasama sejak September lalu. Pengembang mall asal Jepang tersebut akan menyewa mall yang akan dibangun tersebut selama 20 tahun. Hanya saja, kedua belah pihak tidak bersedia menyebut nilai kontrak kerjasama itu.
Widi Widananto, Direktur Keuangan BKSL mengatakan kebutuhan investasi untuk bangun mall tersebut tahun depan sudah aman yang berasal dari kas internal dan uang muka sewa dari PT Aeon Mall Indonesia. " Saat ini kita sudah punya dana sekitar Rp 500 miliar untuk capex tahun depan," ungkapnya.
Oleh karena itu, Widi mengatakan perseroan tak akan buru-buru dalam mencari pendanaan dari pihak ketiga. Sementara Ryuma Okazaki, Presiden Director PT Aeon Mall Indonesia mengatakan pembayaran sewa mall tersebut akan dilakukan secara bertahap.
Aeon mall akan dibangun untuk melengkapi kawasan superblok yang akan dikembangkan BKSL. Kawasan ini terdiri dari empat tower apartemen, satu gedung perkantoran dan satu hotel bintang lima. Total investasi untuk proyek superblok tersebut diperkirakan akan menelan dana Rp 3 triliun.
Superblok yang tengah dikembangkan ini berada di kawasan Central Business Distric (CBD) Sentul seluas 130 ha.
Andrianto menjelaskan, saat ini pembangunan gedung perkantoran di kawasan ini sudah dalam tahap finishing dan akan segera diluncurkan awal tahun depan.
BKSL akan mengandalkan kas internal dan pendanaan eksternal untuk proyek Superblok ini. Hanya saja management BKSL belum bisa mengungkapkan alternatif pendanaan eksternal yang akan dilakukan.
Lebih lanjut, Andrianto mengatakan Aeon Mall yang sedang dibangun saat ini merupakan tahap I. Pasalnya, BKSL juga berencana membangun Aeon Mall tahap II setelah Aeon Mall Tahap I rampung dan resmi beroperasi.
Andrian menjelaskan, nantinya mall tahap I dan tahap II akan terhubung. Hanya saja, kerjasama yang baru ditandatangani dengan PT Aeon Mall Indonesia baru pengembangan tahap I.

Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Yudho Winarto 
Sumber :  http://investasi.kontan.co.id/news/bksl-bangun-aeon-mall-sentul-city-senilai-rp-13-t

PROYEK BKSL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar