Kamis, 17 Maret 2016

Jalur Puncak 2 alias Jalan Poros Tengah Timur

Bogor akan memiliki jalur alternatif lain menuju puncak. Jalur utama yang biasa ditempuh melewati rute Ciawi – Megamendung – Cisarua akan memiliki alternatif lain melewati jalan poros tengah timur. Letak geografis Bogor yang jauh dari laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di Bogor. Dengan diselesaikannya jalur puncak dua secara bertahap, diharapkan wisatawan yang ingin liburan ke bogor dan wisata ke Bogor  dan sekitarnya dapat memiliki kemudahan akses.
Peta Jalur Puncak
Gambar Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor
Peta Kota Bogor
dok. Donny
Pelantikan Bupati Bogor dengan masa jabatan tahun 2013-2018 telah diselenggarakan pada 24 Maret 2015 di Gedung Tegar Beriman Cibinong yang menjadi saksi serah terima jabatan dari mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin kepada Hj.Nurhayanti. Kehadiran Bupati Bogor yang baru dilantik memberikan harapan tersendiri bagi masyarakat kabupaten Bogor. Bapak Gubernur Jawa Barat berpesan untuk memberi perhatian pada pembangunan infrastruktur Kabupaten Bogor seperti upaya mitigasi dan pemetaan terhadap lokasi rawan bencana serta pengendalian pembangunan agar tidak merusak lingkungan.
Gerakan Tanam Pohon
Setelah memegang jabatan sebagai Bupati Bogor, Ibu Hj. Nurhayanti, SH. MM. M.Si, pada 27 Maret 2015 bersama jajaran staf dan Universitas Pertahanan Indonesia melakukan Gerakan Tanam Pohon untuk mewujudkan infrastruktur hijau menuju kabupaten termaju di Indonesia. Gerakan ini berlangsung di Desa Hambalang Kecamatan Citeureup, kawasan poros tengah  timur yang juga menjadi jalur alternatif puncak dua. Melibatkan pihak-pihak dari dinas terkait, acara dimulai pukul delapan pagi dengan olahraga bersama.
Jalur poros tengah timur atau jalur puncak dua ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di daerah Puncak. Pembangunan secara merata pun diharapkan antara pusat dan daerah yang terletak di jalur puncak dua, sehingga kemudahan akses melalui jalur puncak dua ditargetkan terwujud pada tahun 2018. Jalur poros tengah timur juga sangat penting diwujudkan karena menjadi penghubung wilayah-wilayah di Kabupaten Bogor, yaitu Kabupaten Bekasi dan Cipanas. Bupati Bogor memprediksi wilayah ini akan menjadi tempat kegiatan otomotif, ecopark, ekonomi kreatif, dan wisata terpadu lainnya. Gerakan Tanam Pohon termasuk dalam upaya pengamanan asset pemerintah daerah berupa tanah hibah dari para pengusaha dan masyarakat. Selain itu juga sebagai tindakan reboisasi dan rehabilitasi lahan di sekitar kawasan poros tengah timur.
sumber: idu.ac.id
Setelah Bupati Bogor memberikan sambutan, penanaman 1000 pohon mahoni dilakukan. Semoga masyarakat dapat merasakan manfaat dibangunnya jalur puncak dua. Pemberlakukan buka tutup jalur yang selama ini dilakukan oleh Polres Bogor dirasakan masih belum cukup untuk mengurai kemacetan karena semakin hari terutama saat libur, kepadatan kendaraan semakin tak terkendali.
Penanaman Pohon
sumber: idu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar